Iklan

ABISASTRA PHOTOGRAPHY The Art of Photography

Rabu, 13 Januari 2010

Dadi Pakar Menulis ...................TUGAS KITA IALAH BELAJAR

TUGAS KITA IALAH BELAJAR


MANFAATKAN WAKTUMU DENGAN BIJAKSANA—DAPATKAN HASILNYA

      Rencanakanlah jam-jam setelah sekolah dengan seksama, sehingga ada waktu lebih banyak untuk belajar dan untuk bermain. Bila perlu, buatlah bagan, dan sediakan ruang kosong untuk setiap jam yang bebas. Jadwalkan waktumu antara belajar, olahraga, hobby, membaca tambahan, kegiatan keagamaan, dan kegiatan sosial, nonton TV dan mendengarkan radio. Untuk mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari waktu belajar di rumah, siapkan kertas catatan, pinsil, dan bahan rujukan sebelum kamu mulai. Mintalah teman-temanmu agar tidak meneleponmu pada waktu kamu belajar. Kerjakan secara sistematis satu tugas ke tugas yang lain, dengan “waktu jeda” sesingkat-singkatnya untuk makan makanan kecil, bercakap-cakap, atau kegiatan lain yang membuang waktu. Manfaatkan “keping-keping waktu” singkat……….pelajari kata-kata sulit ketika menumpang angkutan kota, sediakan kartu-kartu kecil catatan tanggal-tanggal sejarah, rumus-rumus matematika atau fisika, untuk dibaca ketika kamu menunggu atau mengantri.
     
PELAJARILAH CARA BELAJAR DAN MENEMPUH TES DAN UJIAN—PASTI BERGUNA!
      Siapkan pikiranmu untuk menguasai keterampilan-keterampilan yang akan membuat kamu berhasil dalam tugas-tugas di sekolah. Tahukah kamu bagaimana membuat catatan, bagaimana mengadakan penelitian pustaka, memanfaatkan perpustakaan, bagaimana mendapatkan sari dari bacaan yang sulit, secara tepat? Tanyakanlah kepada gurumu; mintalah bahan-bahan bacaan yang memberimu petunjuk cara belajar. Tahukah kamu, bagaimana mempersiapkan diri dan menempuh tes atau ujian ? Apakah kamu harus mendahulukan menjawab soal atau pertanyaan yang paling mudah atau yang paling sukar? Bagaimanakah cara terbaik untuk menyusun tes esai? Tahukah kamu cara memanfaatkan waktu yang tersedia secara tepat? Banyak cara yang akan membuat kamu lebih efisien ketika menempuh tes dan ujian.

ARAHKAN PANDANGANMU PADA BOLA—PASTI KAMU BERHASIL!
      Setiap kali kamu tergoda untuk menyampingkan tugas pekerjaan rumah, menangguhkan belajar untuk tes sampai saat-saat terakhir, melamun di kelas,…. Ingatlah dirimu apa yang sedang kamu hadapi. Sekarang, angka-angka yang kamu peroleh di kelas maupun pada ujian akhir, lebih menentukan. Indeks prestasimu yang tinggi akan menentukan kamu diterima di pendidikan yang lebih tinggi, lagipula, keberhasilan karirmu, tentu saja, tidak hanya bergantung pada pengetahuan yang dapat kamu serap di kelas. Hal paling bijaksana yang kamu lakukan bagi dirimu adalah dengan menganggap bahwa sekolah adalah kegiatan yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.
     
     
PILIHLAH BIDANG STUDI YANG MANTAP—PASTI ADA GUNANYA!
      Jika ada bidang-bidang studi pilihan dan penjurusan, lawanlah kecenderungan untuk mengambil yang mudah-mudah. Pilihlah bidang studi yang akan mendorongmu ke rencana-rencana karir yang lebih menantang dan mantap. Tanyakan kepada orang tua, guru bimbingan.

AMBILLAH KEGIATAN TAMBAHAN—PASTI ADA MANFAATNYA!
      Jika kamu ingin mendapatkan manfaat lebih banyak dari sekolah, jangan membatasi diri hanya melaksanakan tugas-tugas kelas. Jika kamu memiliki kemampuan lumayan dalam bahasa asing, cari dan bacalah di perpustakaan bahan bacaan dalam bahasa tersebut. Bila pandai dalam matematika, ambillah buku teka-teki matematika dan coba jawab soal-soalnya sebagai hiburan. Jika sejarah adalah bidang studi kesukaanmu, bacalah buku-buku riwayat hidup atau biografi. Apakah kamu suka sains? Kunjungilah museum ilmu pengetahuan, bacalah bahan bacaan yang memberi semangat di bidang sains dan teknologi yang paling kamu sukai.

BERTANYALAH KEPADA PARA AHLI—PASTI BANYAK MANFAATNYA!
      Apakah kamu bertanya-tanya apakah kamu sebaiknya melanjutkan ke perguruan tinggi, atau karir apa yang paling cocok bagimu, mengapa kamu sulit menempuh tes atau ujian? Jangalah mencoba memecahkannya sendiri. Bertemanlah dengan guru bimbingan dan mintalah nasihatnya. Berbicaralah dengan gurumu, seusai pelajaran di kelas. Mintalah saran-saran mereka tentang buku-buku yang dapat membantumu memecahkan masalah khusus dalam belajar dan karir. Manfaatkanlah keahlian dan pengetahuan para ahli itu.

KEMBANGKAN BANYAK MINAT—PASTI AMAT BERMANFAAT
      Jika kamu dapat melakukannya tanpa mengorbankan waktu belajar, kembangkanlah minat di luar kelas ke banyak bidang lain. Pergilah ke konser musik, tontonlah pertandingan sepakbola, hadiri pameran pameran dan rapat dewan kota. Pelajari hobby-hobby baru, misalnya fotografi hewan sampai kerajinan keramik. Bergabunglah dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan ikutilah dengan aktif kegiatannya. Hadiri acara-acara olahraga dan seni di sekolah. Bermacam-macam kegiatan akan membuatmu jadi seseorang yang lebih menarik, orang yang paripurna, dan dapat membantumu memutuskan kecocokan karirmu, apakah kamu lebih cocok bekerja dengan benda atau dengan orang lain, di bidang ilmu pengetahuan, mesin atau bidang seni.

BUATLAH RENCANA JANGKA PANJANG—PASTI ADA GUNANYA
      Rencanakan cita-cita dan karirmu dari awal. Perencanaan awal akan memungkinkanmu untuk memetakan persiapan kurikulum atau jurusan di perguruan tinggi, sejak kamu masih di sekolah menengah. Pada saat ini pun, kamu harus mulai memikirkan perguruan tinggi mana yang ingin kamu masuki. Mulailah mengumpulkan informasi persyaratan-persyaratan untuk memasuki perguruan tinggi tertentu. Jika tes bakat, minatmu, dan keadaan ekonomi keluargamu tidak memungkinkan kamu masuk perguruan tinggi, pertimbangkanlah untuk ikut program akademi atau program diploma.


BAGAIMANA KETERAMPILANMU SEBAGAI SISWA ?

      Lakukan tes ini untuk mengetahui apakah kamu seorang siswa yang baik. Dapatkah kamu memperbaiki belajarmu? Jawablah Ya atau Tidak pada pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
1. Apakah kamu selalu membawa buku catatan dan pena atau bolpoint ke kelas untuk kuliah ?
2. Apakah kamu memperhatikan pelajaran di kelas ?
3. Apakah kamu mengajukan pertanyaan, jika ada yang kurang jelas ?
4. Apa kamu menyerahkan tugas pada waktunya ?
5. Pernahkah kamu memeriksakan mata dan telingamu ?
6. Apakah kamu membagi-bagi waktumu ?
7. Apakah tempat kamu belajar di rumah cukup tenang dan terang ?
8. Apakah kamu mempunyai atau mudah meminjam ensiklopedi, kamus, atlas, atau tesaurus ?
9. Apakah kamu mengusahakan agar tugas-tugasmu rapih, dan mudah dibaca ?
10. Apakah kamu benar-benar memusatkan perhatian ketika kamu duduk dan membuka bukumu ?
11. Apakah kamu memikirkan arti apa yang kamu baca, selain mengingat-ingat fakta ?
12. Ketika membuat tulisan atau laporan, apakah kamu membuat kerangka tulisan terlebih dahulu ?





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar