Iklan

ABISASTRA PHOTOGRAPHY The Art of Photography

Kamis, 14 April 2011

Menanamkan Kebanggaan



Menanamkan Kebanggaan (E-1)



Saya mengungkapkan ketikan ini setelah menonton film Shoot `em Up yang dibintangi oleh Monica Belluci dan Clive Owen untuk keperluan rubrikasi SINEMA. Rubrik Sinema hadir secara rutin di Eskul Media Mandiri hasil kolaborasi apik dengan Video Ezzy Majalengka.
Eskul Menghadirkan rubrik Sinema karena pengetik  menemukan banyak hal dalam dunia sinematogragfi. Amerika Serikat yang mampu menjadi negera adidaya selama beberapa dekade merupakan negara yang mengandalkan film sebagai sarana efektif untuk mempengaruhi rakyatnya dan negara-negara lain. Pada tahun 1980-an, dimunculkan sosok Rambo yang dibintangi oleh Sylvestere Stallone. Padahal di balik itu, akibat pengaruh film Rambo, muncul kebanggaan orang-orang di belahan dunia terhadap Amerika Serikat. Produk-produk yang berkaitan dengan Amerika Serikat menjadi laku di mana-mana. Tak puas dengan Rambo, Amerika Serikat pun membuat film Rocky tentang kisah heroik seorang petinju bernama Rocky (masih dibintangi oleh Stallone).

Apa yang dipetik dari paparan tersebut adalah bagaimana Amerika Serikat tumbuh menjadi negara yang paling berpengaruh di dunia sebenarnya menggunakan langkah yang paling mendasar yaitu menanamkan rasa bangga terhadap negaranya dengan berbagai cara termasuk melalui film.

Pengetik pun menggunakan langkah yang sama dalam membangun Eskul. Langkah yang digunakan membangun Eskul adalah tidak membuat Eskul tampil ekslusif. Cover pun dicetak hitam putih sehingga menjadi bahan ejekan. Akan tetapi jika dilihat dari isinya, akan timbul kebanggaan pada diri para pengelola pendidikan di Kabupaten Majalengka karena sesungguhnya apa yang disajikan adalah bentuk perjuangan untuk menanamkan rasa cinta di kalangan para peserta didik untuk bisa berkreasi menuju prestasi di kemudian hari. Eskul memberi wadah untuk itu. (E-1)
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar