Iklan

ABISASTRA PHOTOGRAPHY The Art of Photography

Jumat, 01 April 2011

MENDAPAT MASALAH BUKAN AKHIR DUNIA INI. . . ! ! !


Setiap orang tak lepas dari permasalahan, dari mulai masalah kecil ataupun besar, permasalahan dapat mengganggu aktifitas seseorang yang mempunyai masalah, baik itu masalah keluarga, putus cinta, kecewa karena mendapat nilai hasil ulangan yang tidak memuaskan, bahkan ditinggalkan oleh orang-orang yang kita sayang.

Seseorang yang tertimpa musibah / permasalahan dapat menimbulkan perilaku yang tidak biasanya dilakukan. 
Beberapa contok sikap yang timbul ketika orang tersebut memiliki permasalahan :
1. Bisa saja orang tersebut berperilaku negatif/arogan karena ingin mendapat perhatian dari orang-orang disekelilingnya (over acting).
2. Ada juga yang berdiam diri, tak banyak bicara (banyak melamun).

3. Bahkan kebanyakkan pada kaum hawa mempunyai masalah tak lepas dari menangis.
4. Dan masalah yang menimpa pada diri seseorang terkadang dapat membuat orang tersebut malas untuk beraktifitas, itu yang paling fatal.

Dari beberapa contoh sikap ditas, dapat kita lihat dikehidupan kita sehari-hari, banyak orang yang mempunyai masalah dalam kehidupannya berakibat pada penyimpangan, seperti masalah dalam keluarga, perceraian kedua orang tuanya, membuat anaknya terjerumus ke obat-obatan yang terlarang dan pergaulan bebas, masalah ekonomi yang menghimpit orang tertentu mendorong dirinya melakukan penyimpangan, salah satu contoh dari kasus berita yang ditayangkan televisi maupun media cetak, seperti pembunuhan, pencurian, pembobolan mesin ATM dll. Semuanya sangat jelas sekali.

Masalah ataupun musibah bukanlah suatu yang harus kita hindari, tetapi haruslah kita hadapi. Masalah / musibah merupakan cobaan / ujian yag diberikan Tuhan-Nya kepada setiap manusia, manusia didunia ini tak ada yang tidak mempunyai masalah, hanya setiap orang memiliki permasalah yang berbeda, berbeda permasalahanya maka berbeda pula penyelesaiannya. Seperti halnya soal matematika, ketika kita menyelesaikan soal matematika kita salah jalan/rumus/penyelesaian, hasilnya pun akan salah, menyelesaikan permasalahanpun sama seperti itu, ketika kita  salah jalan menghadapi permasalahan pasti masalah itu bukannya clear melainkan bertambah rumit, janganlah membuat diri kita rugi karena perilaku kita.
Neneng Rosita
http://www.facebook.com/profile.php?id=100001845968262

Beberapa sikap menghadapi suatu permasalahan secara umum :
1. Jangan menganggap permasalahan yang kita hadapi merupakan akhir dunia ini, anggaplah masalah itu sebagai ujian dari Tuhan, karena Tuhan sayang kepada hambanya.
2. Percayalah kita dapat menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi dan percayalah Tuhan tidak akan memberi cobaan diluar batas kemampuan ummatnya, serta setiap masalah pasti adal jalan keluarnya, dan di balik permasalahan pasti akan ada hikmahnya.
3. Jika kita mempunyai masalah dengan seseorang, selesaikan dengan fikiran yang positif dan jernih, optimis dan berhati-hati jangan mudah putus asa.
4. Terus berusaha disertai sabar dan berdo'a agar Tuhan senantiasa mengiringi langkah kita.

Dari beberapa sikap diatas dapat disimpulkan, bahwa bangkit atau terpuruknya diri kita dalam menghadapi permasalahan tak lepas dari diri kita sendiri (optimis), hanya hati kita yang dapat memenej diri kita, kemana kita akan melangkah dan bersikap seperti apa. {dik's}

Penulis : Neneng Rosita
Siswi Kelas XII-IS
SMA Negeri 1 Jatitujuh
Email : nrosita81@yahoo.com

1 komentar: