Iklan

ABISASTRA PHOTOGRAPHY The Art of Photography

Jumat, 03 Agustus 2012

Makan Bakmie di Majalengka, Raos Pisan

Ketika antri di sebuah bank, penulis bertemu dengan seorang guru. Sambil menunggu giliran mendapatkan pelayanan, penulis bercakap-cakap tentang seputar dunia pendidikan. Namun pembicaraan mengarah pada masalah bakmie. Ia menceritakan tentang pengalaman pribadinya mengelola usaha bakmie di Majalengka. Menurutnya, usaha jualan bakmie di Majalengka cukup prosfektif mengingat bakmie adalah makanan yang familiar di beberapa daerah di Indonesia, khususnya di pulau Jawa.

Bakmi sejatinya adalah salah satu jenis mie yang dibawa oleh para pedagang Tionghoa ke Indonesia. Bakmi juga lebih sering disebut yamien atau yahun. Makanan ini terkenal di daerah pecinan (kampung China). Menurut Wikipedia, biasanya bakmi telah diadaptasi dengan menggunakan bumbu-bumbu Indonesia. Tebalnya bakmi adalah antara Mian Tiongkok dan Udon Jepang, selain itu ada berbagai variasi bakmi di Indonesia.

Bakmi yang paling umum diproduksi adalah bakmie terbuat dari tepung terigu atau bakmi kuning. Selain itu ada juga kwetiaw, yaitu bakmie yang dibuat dari beras dan bentuknya lebih lebar serta lebih tipis dari bakmi. Kedua variasi ini biasa digoreng atau direbus sebelum disajikan.

Apabila bakmi hendak digunakan dalam kuah, biasanya bakmi direbus secara terpisah. Mi yang digunakan umumnya telah dicampur dengan minyak. Kemudian mi ini disajikan dengan lauk seperti ayam, bok choy atau juga bakso. Kuah akan dihidangkan dalam mangkuk tersendiri dan baru akan dicampur dengan mie sesuai selera sendiri-sendiri.

Bakmi dapat juga digoreng. Umumnya bakmi direbus terlebih dahulu sebelum digoreng dengan sayuran, kecap manis dan daging. Perkecualian adalah untuk I fu Mie, di mana bakmi yang telah digoreng disajikan dengan sayuran, daging dan saus.

Kata Mie dan Bami dalam bahasa Belanda dan bahasa Jerman berasal dari Bakmi dan diperkenalkan selama masa kolonial Belanda di Indonesia. Masakan Indonesia sangatlah populer di Belanda dan Bakmi adalah salah satu makanan yang sangat terkenal.

Di Indonesia saat ini populer kedai-kedai bakmie seperti Khusus di Majalengka, ada Bakmie Raos yang siap memberikan pelayanan kepada konsumen. *** (PARIWARA)


Bakmie RAOS Majalengka
Depan Gelanggang Generasi Muda (GGM) Majalengka

08112408256

1 komentar:

  1. Testimonial
    "Thank you for the fantastic and delicious Food that you created for me, it's incredibly professional. The entire Chef have been wonderful to deal with and I would recommending BAKMI RAOS to your family and friends."
    Adam Livingston

    BalasHapus