Iklan

ABISASTRA PHOTOGRAPHY The Art of Photography

Sabtu, 31 Maret 2018

Ngopi Yukk, Diem Diem Bae .....



Syifa Fizri Fauziah
 Mahasiswi  Tadris Matematika
IAIN Syekh Nurjati Cirebon 
Musim hujan begini, memang tidak pernah mau lepas dari yang namanya kopi, apalagi dihidangkan dengan makanan seperti ubi goreng, ubi rebus, singkong goreng, singkong rebus, dan makanan lainnya yang sangat cocok jika dihidangkan bersama kopi. Ibarat kata sih “Bagaikan Romeo dan Julliet yang tidak dapat dipisahkan :D”.
Siapa sih yang tidak suka dengan kopi? Salah satu minuman legendaris dari zaman dahulu hingga sekarang, juga digemari setiap orang. Hidup itu ibarat secangkir kopi, terkadang manis juga pahit, hanya kita yang dapat merasakannya.
Untuk para wanita jika ada laki-laki berkata “Demi kamu, lautan api kan ku sebrangi”. Jangan percaya! Wong kopi panas aja masih diitup : D. Hehehe..
Ngomong-ngomong tentang kopi panas nih, ternyata proses kopi yang panas berubah menjadi dingin setelah beberapa menit itu ada hubungannya lhoo dengan ilmu Matematika. Kira-kira apa yaa hubungannya?
Jadi, begini ceritanya…
Matematika merupakan salah satu ilmu yang pembahasannya sangat luas, semua ilmu yang ada di dunia ini tidak terlepas dengan Matematika. Salah satu cabang ilmu Matematika yaitu Persamaan Diferensial yang diterapkan pada aplikasi Hukum Pendinginan Newton dalam ilmu Fisika. Persamaan Diferensial yang dipakai adalah PD Biasa Orde 1, yaitu:
Hukum pendinginan Newton menyatakan bahwa laju perubahan suhu suatu benda sebanding dengan perbedaan antara suhu sendiri dan suhu ruang (yaitu suhu lingkungan sekitarnya). Hukum Newton membuat pernyataan tentang tingkat perubahan suhu yang seketika. Artinya, perubahan suhu suatu benda atau bahan yang mengalami proses pendinginan sebanding dengan perbedaan antara suhu benda atau bahan tersebut dan suhu lingkungannya. Apabila suhu benda itu adalah T dan suhu sekitarnya adalah Ta maka proses pendinginan Newton terhadap waktu t dapat digambarkan sebagai berikut.



, k adalah konstanta tingkat pendingin
Ketika kopi yang panas dituangkan dalam cangkir, maka kopi tersebut mulai dingin. Proses pendinginan ini pada awalnya sangatlah cepat, kemudian mengalami perlambatan. Setelah melewati jangka waktu yang cukup lama, suhu kopi akhirnya mencapai suhu lingkungan sekitarnya. Dengan mengaplikasikan Persamaan Diferensial pada Hukum Pendinginan Newton, maka:
Nah, itulah solusi dari persamaan pada Pendinginan Newton. Tidak perlu dipikirkan ataupun dibuat pusing yaa.. Anggaplah itu hanya sebuah goresan pena pada buku :D. Intinya adalah semua aktivitas yang kita lakukan tidak terlepas dari ilmu Matematika dan ilmu lainnya tanpa kita sadari bahkan hal-hal yang dianggap sepele pun seperti proses pendinginan kopi yang panas berubah menjadi dingin. Pasti teman-teman penasaran kan, kira-kira apalagi yaa aplikasi Matematika lainnya dala kehidupan sehari-hari? Tunggu sesi berikutnya, yaa J









2 komentar: