Iklan

ABISASTRA PHOTOGRAPHY The Art of Photography

Jumat, 09 April 2010

Berkontemplasi di Hutan Prabu Siliwangi

Berkontemplasi di Hutan Prabu Siliwangi 
Oleh : Endang Suhendar 
Saya adalah seorang penulis. Menulis apa saja. Apakah itu berita, artikel, atau laporan perjalanan. Pastinya saya sehari-hari menulis. Kebiasaan saya dalam menulis lancar-lancar saja namun bukan berarti tanpa hambatan dan rintangan. Saya juga manusia biasa yang selalu dilanda kegalauan, kegelisahan, dan terserang bad mood. Kalau inspirasi tidak jalan atau gagasan mampet saat sedang dalam proses menulis, jalan satu-satunya bagi saya adalah berenang. 
   Untuk menghilangkan kepenatan dalam menulis, saya selalu berenang. Kalau tidak berenang di Talaga Herang, saya berenang di Kolam Air Suci Hutan Prabu Siliwangi. Setelah berenang dan memberi makan ikan serta puluhan monyet  barulah saya meneruskan pekerjaan menulis. Selain menulis, di sana saya bisa berkontemplasi. Saya tidak tahu arti kata kontemplasi. Saya pernah mendengarnya dari Erwansyah kawan saya dahulu sewaktu kuliah. Ia mengucapkan kata kontemplasi sambil merenungkan kehidupannya. Jadi saat saya merenung, saya sebut itu sebagai kontemplasi.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar