Iklan

ABISASTRA PHOTOGRAPHY The Art of Photography

Rabu, 27 Oktober 2010

Berfikir Cepat

Oleh : Drs.H. Sirojudin,M.Ag


Drs.H. Sirojudin,M.Ag
Maksud dari berfikir cepat adalah bahwa pemikiran kita sebagai manusia normal selalu berjalan dalam perubahan peningkatan dan keunggulan, pengalaman fakir kita dalam keilmuan selalu mengalir melaju dan menyesuaikan diri.
            Dengan demikian hakekat manusia homo educational dan economiscus selalu penasaran dan ingin maju, belajar, dan bekerja adalah budaya hidup bagi manusia normal yang memiliki dimensi intelek, jasad, dan nurani dan memiliki intelegensi, emosi, mental spiritual yang memiliki daya cipta, daya rencana, dan daya karsa. Dengan demikian manusia normal akan mampu menemukan kebijakan, kejujuran dan kenormalan yang dipelajari oleh dirinya. Dipilih dan diputuskan dalam kelayakan universial yang bernuansa “sincere” dan “truth” sebagian insane kamil. Otak sering kali diperbandinmgkan dengan system mesin dan perangkat listrik. Namun skearang kita tahu bahwa perbandingan kemampuan seluruh jaringan telepon di seluruh dunia, bila kita satukan ekuivalen dengan kemampuan yang memiliki otak hanya seukuran sebutir kacang tanah sedangkan berat volume otak manusia rata-rata saat ini adalah sekitar 1430 gram, maka jika ukuran otak hanya seukuran biji kacang tanah saja, beratnya hanya 3 kg dapat setara dengan jaringan telepon seluler di seluruh dunia. Apabila jika dengan ukurna volume ukuran otak kita yang sebenarnya otak kita mampu menyimpan memori 100 juta byte informasi system syaraf pada otak. Menyampaikan berbagai perintah dan informasi bagi tubuh kita kecepatan lebih dari 200 meter per detik. Manusia dapat berfikir cepat bergantung pada kemampuan otaknya itu sendiri dan kecepatan berfikir manusia sangat tergantung pada kerja otaknya itu sendiri. Dibutuhkan kesigapan berfikir cepat, tepat dan akurat.
Di dalam kamus umum  Bahasa Indonesia bahwa tepat adalah betul atau lurus (arahnya, jurusannya). Sedangkan yang dimaksud dengan berfikir cepat akurat pada SMK Analis Kimia YPPT pada penerapan pembelajaran dituntut professional karena semua yang dikerjakan oleh semua siswa-siswi tersebut memerlukan konsentrasi yang penuh apabila ketepatan tidak akan tercapai dengan validitas control karena diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang cukup mendalam. Sedangkan akurat adalah teliti atau seksama siswa-siswi SMK Analis Kimia dituntu untuk berbuat teliti dan kehati-hatian dalam menentukan dan merumuskan sesuatu baik dalam menentukan kebijakan atau memperoduksi sesuatu melewati pemahaman berfikir dan analisis, seorang analisis  dalam suatu perusahaan yang levelnya besar. Tidak terlepas dari keakuratan dan ketepatan menentukan suatu keputusan, karena siswa-siswi akan dituntut mampu berkiprah di dunia usaha dan di dunia industri, uji laboratorium dan berlatih dan berlatih agar dilimiliki oleh segenap siswa dan siswi agar segenap elemen yang ada di dalamnya. Agara semua termotivasi dan kreatif diperlukan komitmen dan bermodalkan kejujuran dan kepintaran nuansa belajar akan terpancar pada semua elemen yang ada di dalamnya.***

*) Penulis adalah Kepala SMK Analis Kimia YPPT Majalengka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar