Iklan

ABISASTRA PHOTOGRAPHY The Art of Photography

Rabu, 13 April 2011

Perkembangan ICT Bagi Guru TIK Harus Tahu Meskipun Bukan Terdepan



Perkembangan ICT Bagi Guru TIK HARUS TAHU Meskipun Bukan Terdepan (Anda Sukanda, S.Pd.)

Perkembangan ICT
Bagi Guru TIK Harus Tahu
Meskipun Bukan Terdepan

AHLAN Wasahlan Kawan! Lama kita tak berjumpa ... lama kita tak bertemu, menurut saya hal ini tidaklah pantas untuk Guru TIK yang konon katanya Guru Teknologi informatika dan Komunikasi ...  tetapi selalu dan selalu ketinggalan berita selalu ketinggalan informasi. Masih mendengar undangan pertemuan Guru TIK undangannya tidak nyampe, informasi tidak nyambung sehingga Sang Guru TIK tidak tahu ada kegiatan, kita tidak harus terpaku pada surat hitam diatas putih ”dulu”,

informasi undangan gunakanlah sms terlebih dahulu, surat untuk administrasi sekolah bisa diambil sekalian kegiatan berlangsung, asal info kegiatan; kapan dan dimana kegiatan tersebut berlangsung, nomor surat serta tanggal undangannya diketahui. Mengapa jangan terpaku nunggu surat undangan? Karena Majalengka itu luas kadang harus melalui lembah dan pegunungan, akses jalan raya yang terjal untuk dilalui. Mengapa harus ada nomor dan tanggal surat? Karena sekolah kita akan mengeluarkan surat tugas yang tentunya butuh data-data tersebut sebagai tertib administarasi sekolah.
Mengapa harus sms? tidak buat blog (misalkan) undangan dan lainnya di-scan terlebih dahulu oleh Pengurus MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), sehingga setiap guru TIK se-Majalengka dapat mengunduhnya dari internet, tinggal diprint di sekolah masing-masing, karena masih ada sekolah SMP/MTs di Majalengka belum terjangkau semuanya oleh fasilitas internet (kecuali ”minta pertolongan” ke warnet).
Untuk masalah diskomunikasi antar guru TIK tersebut seharusnya bisa diatasi selain melalui Short Message Service (sms), Guru TIK harus ”melek internet” minimal 1 minggu satu kali atau dua minggu sekali, maksimalnya sebulan sekali ... Guru TIK se-Majalengka dalam hari dan waktu yang bersamaan berselancar di dunia maya; apakah itu memanfaatkan e-mail, milis, yahoo messenger, facebook, atau fasilitas yang lainnya yang disepakati bersama.
Bagaimana kalau organisasi MGMP setingkat kabupaten ditunjuk langsung? Itu bisa saja asal kondisi darurat, apalagi misalkan hal tersebut terjadi di MGMP TIK? Wahhh ... ”rasanya ngeri” ini membuktikan bahwa Guru TIK tidak melek TIK dan tidak demokratis.
Perkembangan Information Communications Tecnologi (ICT)/TIK sebaiknya Guru TIK harus tahu dan memanfaatkan kemanjuan ICT meskipun tidak terdepan dalam penggunaan fasiltas tersebut. Ayo siapa yang tidak tahu akan yahoo? Cung ahhh (asal jangan tinggi-tinggi ngacungnya, kenapa?...) Para Petinggi yahoo dalam memajukan ”product-nya” belum pernah bertemu secara langsung; mereka berkomunikasi secara online, tapi tatkala yahoo akan membeli made in Indonesia koprol; Jakarta tempat yang mempertemukan pertamakalinya  para petinggi yahoo tersebut untuk dapat bertatap muka satu sama lain secara nyata, patut kita coba!
O... ya kawan, ada ESKUL Media Mandiri (EMM) salah satu ”tabloid pendidikan” yang ada di Majalengka bisa dijadikan media pembelajaran di sekolah, dapat dimanfaatkan oleh pelajaran bahasa Indonesia, bahasa inggris atau bahasa sunda agar para siswa dilatih menulis (karya sastra, ilmiah), bagi pelajaran TIK dapat digunakan sebagai pembelajaran; mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat. Blog EMM ini bisa sebagai sarana pembelajaran TIK secara online (http://www.eskultabloidpendidikan.blogspot.com). Bilih pernah melihat hitam putih product cetaknya. Itu bukan berarti ”ketinggalan kereta”,  bagaimana jurus EMM cetak nyampe di seluruh sekolah se-Majalengka yaitu dengan mengencangkan ikat pinggang (padahal ikat pinggang ini sudah kencang) dana yang dikeluarkan untuk cetak lumayan besar apalagi kalau menggunakan yang versi berwarna, semoga saja sekolah yang sudah terbiasa mendonasi Rp 20.000/bulan janganlah masih menganggap EMM ngemis. Selain EMM mengalokasikan dana donasi tersebut untuk biaya cetak EMM juga menyisihkan alokasi dari donasi diperuntukkan untuk menyemangati anak-anak sekolah yang perlu disuntik semangatnya agar terus bisa sekolah misalkan Dede Rahman siswa kelas V SD Negeri Pinangraja I; anak tersebut mau sekolah bahkan sampai menjuarai berbagai event meski (maaf) melihat fisik Dede tidak mempunya tangan dan kaki secara sempurna, profile siswa tersebut dapat dilihat di blog Eskul Media Mandiri (http://eskultabloidpendidikan.blogspot.com/2011/03/syukuri-nikmat-robb-mu.html). Mengapa yah katanya Dinas Pendikan Kabupaten Majalengka malah mengalokasikan dana untuk medianya pada non media yang ada di Kabupaten Majalengka? tidak ke Eskul (misalkan) yang selama ini selalu menyuarakan pendidikan di Majalengka.
Cetak hitam putih salah satu kiat EMM agar dapat mencetak minimalnya 1000 exemplar dan terbit tepat waktu dalam kurun waktu dua minggu satu kali setiap bulannya. Tatkala media-media lokal Majalengka banyak yang rontok, Alhamdulillah Eskul Tabloid Pendidikan (sebutan dulu)  tetap dapat rutin bersilaturahmi ke sekolah-sekolah.
Untuk Eskul cetak hitam putih bolehlah lambang kesederhaan, tapi kalau kita lihat blognya http://www.eskultabloidpendidikan.blogspot.com/ sudah mendunia; dapat dilihat di alamat ini http://www.blogger.com/stats2.g?blogID=7613808418237542333#audience,LAST_7_DAYS atau http://www.blogger.com/stats2.g?blogID=7613808418237542333#audience,ALL_TIME yang selalu berubah negara mana saja yang berkunjung ke blog Eskul dalam satu minggunya atau berapa orang di setiap negaranya diluruh dunia ini yang sudah berkunjung ke blog.
Akhir  kata, wahai guru-guru TIK khususnya yang ada di Kabupaten Majalengka, kita jangan sampai tidak peduli akan perkembangan TIK itu sendiri, minimalnya tahu perkembangan tersebut meski kita bukan yang pertama kali mengetahui dan memanfaatkannya..
ANDA SUKANDA, S.Pd.
Guru TIK SMP Negeri 2 Jatiwangi Kabupaten Majalengka
Pengurus MGMP-TIK SMP/MTS Kabupaten Majalengka
Kepala DTA dan TPQ Al-Muwahhidin Kecamatan Kasokandel Kab. Majalengka
(PK/E-3)

   

11 komentar:

  1. Kang Suratman Aza13 April 2011 pukul 11.32

    mantap curhatnya..
    haturnuhun pisan atas info na...
    maju terus guru TIK mjlka...
    ALLAHUAKBAR!!!!!

    BalasHapus
  2. Sigit Sulistio Filantrop13 April 2011 pukul 11.50

    Terus menggeliat...

    BalasHapus
  3. Asep Kartiwa, S.Pd.14 April 2011 pukul 00.38

    MGMP TIK coba membuat terobosan, pertama membuat program pelatihan TIK dsb untuk seluruh guru, kedua program terobosan untuk seluruh sekolah harus memiliki Lab yang layak pakai sesuai Zaman artinya kita harus bisa menerobos ke Pihak pemerintah agar pemerintah memperhatikan pasilitas unutk sekolah yang selma ini siga nu mempen carang, Dunia sudah Globalisasi artinya dunia pendidkan harus segera melengkapi kebutuhan pendidikan yang selama ini ketinggalan
    Nah Terobosan ini kita buat atas nama MGMP terus mkita minta dukungan ke badan lain Apakag PGRI dst, Coba bayangkan Hasil Ujian Nasional sudah kedeteksi sama kita artinya wah bahaya buat bangsa, apaka akan berkelanjutan permasaklah seperti ini, kapan Indonesia Pinter, kalau selama ini hanya cukup menayangkan sinetron saja beu kebodohan uyang di sandang

    BalasHapus
  4. Entin Martini Samarinda14 April 2011 pukul 07.20

    Mantaff lah guru TIK ....

    BalasHapus
  5. Neni Barnaby dari Inggris14 April 2011 pukul 07.22

    Guru TIK sebenarnya pelopor perkembangan sebuah tekhnology informasi yg berkembang sekarang .....bravo Guru TIK..

    BalasHapus
  6. Joko Setiyono. M.Kom14 April 2011 pukul 07.28

    Sip pak. Ada hal baru pak tentang elearning, setelah setahun saya menggunakan ujian online di moodle ternyata bisa digunakan oleh seluruh mata pelajaran. Dan analisis soal bisa langsung dibahas setelah ulangan. Kapan mau pelatihan ? Tgl 5 Mei Wisuda pak, jadi bebabnku sudah plong.

    BalasHapus
  7. Guru TIK diharapkan bisa berkomunikasi juga lewat radio komunikasi. baik MMS dan cheting dengan menggunakan frekuensi .... jadi punya frekuensi khusus guru TIK..hehehe

    BalasHapus
  8. Salam kang Anda....sukses selalu

    BalasHapus
  9. CARA CERDAS BERHAJI
    Haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang lima dan dia merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan bagi seorang muslim yang mampu, sebagaimana telah digariskan dan ditetapkan dalam Al-Qur’аn, Aѕ-Sunnah dan Ijma’.
    “Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”. (QS. Ali Imran, 97)
     Haji Network Adalah Network Pengguna Hp Yang Memanfaatkan Hpnya Untuk Belajar Keislaman Dan Sekaligus Mendapatkan Penghasilan Untuk Menunaikan Ibadah Haji.
     Sebuah Paradigma Baru Menunaikan Ibadah Haji Yang Merubah “High Cost” Menjadi “Low Cost” Dengan Memanfaatkan Hp, Tehnologi Sms & Internet.
     Membangun Semangat Silahturahmi Dan Belajar Di Kalangan Umat Islam.
     Meningkatkan Kesejahteraan Umat.
     Memperluas Dakwah Islam.

    BalasHapus
  10. KEUNTUNGAN MENJADI ANGGOTA HAJI NETWORK
     Setiap Minggu Mendapatkan Sms Pengetahuan Haji & motivasi keislaman dan Tausiah Ulama Tanpa Memotong Pulsa.
     Fasilitas Bisa Isi Pulsa Lewat Hp Sendiri.
     Mendapatkan web replika, sehingga bisa menjalankan bisnis HNW ini secara online.
     Menjalankan Peluang Bisnis Haji Network Yang Dapat Mewujudkan Impian Menunaikan Ibadah Haji Sekaligus Mendapatkan Passive Income
    BAGAIMANA SYSTEM KERJA HAJI NETWORK
     Bergabung Menjadi Anggota Haji Network Dengan Investasi Rp 160.000,- (Biaya Pendaftaran Rp 108.000,- + Rp 24.000,- Deposit Sms Pengetahuan Haji & sms motivasi keislaman + Rp 28.000,- Deposit Pulsa Untuk Transaksi Pulsa).
     Pendaftaran hy sekali seumur hidup dan bisa di wariskan
     Memperbanyak Silahturahmi Sekaligus Memperkenalkan Program Haji Network Ke Minimal 3 Orang Teman.
     Isi pulsa sebulan satu kali, berapapun nominalnya
    I. MANFAAT BAGI ANGGOTA/MEMBER
    1. Mendapatkan deposit Rp 52.000,- berupa Deposit Transaksi Pulsa Rp 28.000,- Deposit SMS content Rp 24.000,-
    2. Deposit Transaksi pulsa bisa digunakan untuk isi pulsa semua operator lewat HP sendiri baik untuk pulsa no hp sendiri, maupun no hp orang lain.
    3. Deposit SMS Content digunakan untuk bisa menerima sms-sms content dari HNW. Baik sms Pembelajaran Haji maupun sms motivasi keIslaman atau sms tausiah ulama.
    4. Bonus Dakwah (BD) yaitu bonus yang didapat dari setiap merekrut anggota baru @Rp 36.000,- (potensi bonusnya tidak terbatas karena boleh rekrut sebanyak-banyaknya)
    5. Bonus Silahturahmi (BS) yaitu bonus yang didapat dari setiap penambahan anggota baru dibawah jaringannya sampai dengan 15 level termasuk dirinya sendiri @Rp 1.000,- (potensi bonusnya > Rp 7 Milyard bila diri kita dan semua anggota dibawah kita hanya merekrut 3 orang saja).
    6. Bonus Pengetahuan Haji (BPH) yaitu bonus yang di dapat dari setiap ada sms pengetahuan haji (hari senin & kamis) yang diterima oleh jaringannya sampai dengan 15 level termasuk dirinya sendiri @Rp 50,- (potensi bonusnya > Rp 4 Milyard per bulan bila diri kita dan semua anggota dibawah kita hanya merekrut 3 orang saja).
    7. Bonus Motivasi ke-Islaman (BMI) yaitu bonus yang di dapat dari setiap ada sms motivasi ke-Islaman (hari selasa & jumat) yang diterima oleh jaringannya sampai dengan 15 level termasuk dirinya sendiri @Rp 50,- (potensi bonusnya > Rp 4 Milyard per bulan bila diri kita dan semua anggota dibawah kita hanya merekrut 3 orang saja).
    8. Bonus Tausiah Ulama (BTU) yaitu bonus yang di dapat dari setiap ada sms Tausiah Ulama (hari rabu & sabtu) yang diterima oleh jaringannya sampai dengan 15 level termasuk dirinya sendiri @Rp 50,- (potensi bonusnya > Rp 4 Milyard per bulan bila diri kita dan semua anggota dibawah kita hanya merekrut 3 orang saja).
    9. Bonus Transaksi Pulsa (BTP) yaitu bonus yang didapat dari setiap ada transaksi pulsa di jaringannya samapai dengan 15 level termusuk diri kita sendiri @Rp 50,- (potensi bonusnya > Rp 500 juta per bulan bila diri kita dan semua anggota dibawah kita hanya merekrut 3 orang saja minimal masing-masing isi pulsa sebulan 1x saja).

    BalasHapus
  11. CAREER PLAN
    01, Bonus dihitung sampai dengan akhir bulan kalender dan akan dibayarkan N+1 bulan
    berikutnya setiap tanggal 15.
    02. otal bonus akan dipotong 2,5% untuk dana ZIS (zakat, infaq/shadaqah).
    03, Setelah di potong ZIS. Bonusnya akan masuk sebagai deposit (deposit sms content maupun
    deposit pulsa) sebesar Rp 50.000,- sisanya 50% akan masuk ke rekening tabungan
    dan 50% akan masuk sebagai Point Haji.
    Selanjutnya Setiap Member akan mendapatkan peringkat,
    1. Calon Haji I (CH I), yaitu anggota yang Point hajinya mencapai 1.000.000 (satu juta) secara akumulasi. Mendapatkan Bonus Prestasi (BP) sebesar Rp 250.000,-
    2. Calon Haji II (CH II), yaitu Calon haji I yang mempunyai 3 Calon Haji I dibawahnya dengan jalur jaringan yang berbeda dan point hajinya mencapai 4.500.000 (empat juta lima ratus ribu) secara akumulasi. Mendapatkan Bonus Prestasi (BP) sebesar Rp 1.000.000,- dan Bonus Leadership (BL) sebesar Rp 500,- X banyaknya Starter Pack yang terjual dibagi banyaknya CH II.
    3. Calon Haji III (CH III), yaitu Calon haji II yang mempunyai 3 Calon Haji II dibawahnya dengan jalur jaringan yang berbeda dan point hajin 15.000.000 (lima belas juta) secara akumulasi. Mendapatkan Bonus Prestasi (BP) sebesar Rp 3.000.000,- dan Bonus Leadership (BL) sebesar Rp 500,- X banyaknya Starter Pack yang terjual dibagi banyaknya CH III.
    4. Silver Haji (SH), yaitu Silver haji yang mempunyai 3 Calon Haji III dibawahnya dengan jalur jaringan yang berbeda dan point hajinya mencapai 40.000.000 (empat puluh juta) secara akumulasi. Mendapatkan Bonus Prestasi (BP) sebesar Rp 10.000.000,- dan Bonus Leadership (BL) sebesar Rp 500,- X banyaknya Starter Pack yang terjual dibagi banyaknya SH. Dan point hajinya dicairkan sebesar Rp 1,-/point haji.
    5. Golden Haji (GH), yaitu Golden haji yang mempunyai 3 Silver Haji dibawahnya dengan jalur jaringan yang berbeda. Mendapatkan Bonus Prestasi (BP) sebesar Rp 30.000.000,- dan Bonus Leadership (BL) sebesar Rp 500,- X banyaknya Starter Pack yang terjual dibagi banyaknya GH.
    6. Diamond Haji (DH), yaitu Golden haji yang mempunyai 3 Golden Haji dibawahnya dengan jalur jaringan yang berbeda. Mendapatkan Bonus Prestasi (BP) sebesar Rp 100.000.000,- dan Bonus Leadership (BL) sebesar Rp 500,- X banyaknya Starter Pack yang terjual dibagi banyaknya DH.




    Lebih jelas hubungi Sponsor :
    SUWARTO, S.Pd. 085759780892 (GSM) atau 08817713353 (CDMA)
    Alamat email : alysuwarto@yahoo.com, alysuwarto@gmail.com
    Web replika ---- http://www.hajinetwork.com/?id=alysuwarto
    Web Spomsor ---- http://calon-haji.blogspot.com/

    BalasHapus