Iklan

ABISASTRA PHOTOGRAPHY The Art of Photography

Rabu, 21 Februari 2018

Agroforestry

Agroforestry adalah system penggunaan lahan (usaha tani) yang mengkombinasikan pepohonan dengan tanaman pertanian untuk meningkatkan keuntungan, baik secara ekonomis maupun lingkungan.
Menurut Abdul Muzawir, Agroforestry adalah budidaya tanaman kehutanan (pohon-pohon) bersama dengan tanaman pertanian (tanaman semusim). Agroforesty dapat diartikan lebih luas lagi dengan penggabungan sistem  budidaya kehutanan, pertanian, peternakan, dan perikanan.
Agroforestry adalah wanatani, suatu sistem pengolahan lahan untuk mengatasi masalah ketersediaan lahan dan peningkatannproduktivitas lahan. Masalah yang sering timbul adalah alih fungsi lahan menyebabkan lahan hutan semakin berkurang.nAgroforestry diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut dan masalah ketersediaan pangan.
Ada juga yang mendefinisikan agroforestry sebagai suatu metode penggunaan lahan secara optimal  yang mengkombinasikan sistem produksi bilogis, yang berotasi pendek dan panjang, secara bersamaan atau berurutan yang dilandasi dengan asas kelestarian dalam suatu kawasan di luarnya, dengan tujuan untuk mencapai kesejahteraan rakyat.
Menurut Azka Ilmi Ridwan, agroforestry adalah budidaya tanaman kehutanan (pohon-pohon) bersama dengan tanaman pertanian (tanaman semusim). Agroforestry dapat diartikan lebih luas lagi dengan penggabungan system budidaya kehutanan.
Tumpangsari (double-cropping) adalah suatu bentuk proses menanam campuran (polyculture) berupa pelibatan dua jenis atau lebih tanaman pada satu areal lahan dalam waktu yang bersamaan atau agak bersamaan. Menurut Agrotani.com, tumpangsari merupakan salahsatu bercocoktanam yang  mencampur proses penanaman (polyculture) dalam satu lahan yang sama dan dalam waktu yang sama pula.
Hal ini dilakukan untuk mencapai produksi yang tinggi karena dengan cara tumpangsari tanaman pokok bias tumbuh selayaknya pertumbuhan dan tidak terganggu oleh tanaman tumpangsarinya. Jagung, kedelai, dan kacang tanah bisa dijadikan sebagai tanaman tumpangsari. Tanaman jenis tumpangsari tidak disukai oleh hama.

.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar