Iklan

ABISASTRA PHOTOGRAPHY The Art of Photography

Selasa, 27 Februari 2018

Jagawana

Seorang jagawana sedang memberikan informasi tentang keamanan hutan
Jagawana berarti penjaga. Dalam istilah bahasa Inggris jagawana disebut dengan ranger. Jagawana yaitu pengawal atau aparat yang berpatroli di wilayah hutan milik negara. Di Indonesia jagawana disebut dengan nama Polhut (Polisi Kehutanan). Istilah jagawana popular pada jaman dahulu.

Peran jagawana di hutan negara sangat penting untuk kelestarian hutan dan pengamanan asset milik negara. Di Indonesia asset negara dalam bentuk hutan dikelola oleh Perum Perhutani. Jagawana menjadi ujung tombak kekayaan alam yang tersebar di hutan-hutan dan sangat berpotensi terjadi penjarahan di hutan. Banyak sekali kejadian jagawana diserang hingga dibunuh oleh para penjahat dan penjarah hasil hutan. Kasus tertinggi terjadi di Virunga, Republik Kongo di mana ada 150 jagawana yang tewas dibunuh oleh penjahat.

Pada awal pendudukan di jaman Belanda, orang-orang yang menjaga hutan disebut dengan nama pengalasan. Pengalasan bertugas mencegah dan melarang orang untuk menebang kayu tanpa izin. Orang Belanda menyebut pengalasan dengan nama Boswaker. Para pengalasan (jagawana) itu pada jaman dahulu dinaungi dengan satu institusi atau organisasi polisi kehutanan (Boschwacter) hingga akhirnya orang-orang yang bertugas menjaga hutan lebih beken disebut boswaker. *** (dari beberapa sumber)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar